Senin, 31 Mei 2010

Seperti Apa ? (sebuah cerita sufistik)

Seorang pelajar kitab sebuah kuil ditugasi guru pendeta untuk mentobatkan seorang pertapa di Bukit T'abrouk, karena dinilai sesat.

*Pelajar: "Benarkah Bapa bertapa ?

*Pertapa:'Pendapat siapa itu ?'

*Pelajar: 'menurut orang-orang yang pernah ditolong Bapa.'

*Pertapa :'Aku tidak pernah menolong mereka.'

*Pelajar:'Lalu siapa yang menolong mereka ?'

*Pertapa:'mereka ditolong Tuhan.'

*Pelajar:'Berarti Bapa menganggap diri Bapa, Tuhan ?'

*Pertapa:'Tidak.'

*Pelajar:'Lalu mengapa Bapa katakan ditolong Tuhan.'

*Pertapa:'Tuhan menggunakan diriku untuk menolong mereka.'

*Pelajar:'Menurut Bapa Tuhan itu seperti apa ?'

*Pertapa: 'Entahlah.'

*Pelajar:'tetapi menurut berita yang saya dengar Bapa sudah bertemu Tuhan.'

*Pertapa: 'jika kuceritakan Tuhan itu seperti apa, sampai kakimu berakar di sini pun kamu tidak akan mengerti.'

*Pelajar:' Ayolah Bapa ceritakan sedikit pengetahuan Bapa.'

*Pertapa: 'Lihatlah tetanggamu, lihatlah keluargamu lihatlah orang-orang yang kau musuhi, lihatlah jalan hidup mereka, lihatlah dirimu sendiri, lihatlah jalan hidupmu, niscaya suatu saat nanti kamu akan bertemu Tuhan.'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentjerita-pentjerita Goemoel Djiwa

Mengenai Saya

Foto saya
Blog ini merupakan saranaku untuk menuangkan cerita-cerita pendek yang scene-nya melintas di benak saya. Kisah-kisah di sini kudus/suci dari jiplakan/plagiatan/contekan sehingga jika ada kisah yang sama persis dengan yang saya tuliskan bisa dipastikan membajak/menjiplak/memplagiat dari cerpen saya.